Minggu, 20 Maret 2016

Manfaat Bermain Puzzle



Dunia anak-anak adalah dunia bermain.
Dan puzzle, adalah salah satu mainan edukatif yang sangat mengasyikkan.
Mungkin kita sudah sering memainkannya dengan anak-anak di rumah. Tapi tahukah kita apa manfaat puzzle sebenarnya untuk mereka?

Mari kita simak ulasan berikut,

Manfaat bermain puzzle untuk anak :

1. Membantu anak untuk berpikir "memecahkan masalah" secara mandiri.

Dengan bermain puzzle akan membantu meningkatkan memecahkan masalah. Kok bisa? Benar sekali, dengan bermain puzzle, anak kita diajak untuk berpikir bagaimana menyelesaikan potongan-potongan puzzle hingga membentuk gambar.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri,motivasi dan tekun (pantang menyerah)

Bermain puzzle juga dapat membantu anak kita untuk mencapai tujuan dan memiliki sesuatu yang dibanggakan. Secara psikologis, anak akan merasa bangga dengan hasil rangkaian puzzlenya. Dari sinilah rasa percaya diri anak terbentuk.

Keinginan anak untuk menyelesaikan puzzle membuatnya membuatnya terdorong untuk tetap tekun menghubungkan potongan-potongan puzzle.

Dan ketika mereka berhasil, maka jangan lupa untuk memuji jerih payah mereka:
"Maa syaa Allah, ahsantum, pintar sekali anak Abah, baarokallahufyk.."
Atau pujian lain yang memotivasi anak dan membuat mereka merasa karya mereka dihargai oleh orang terdekatnya, yaitu -orang tua-

2. Mengembangkan kordinasi mata dan tangan

Puzzle memiliki berbagai gambar, bentuk dan warna dengan ragam yang berbeda. Hal ini akan membantu anak dalam meningkatkan kordinasi mata dan tangan mereka.

Anak kita akan dilatih untuk meletakkan potongan puzzle dengan membentuk beberapa bagian yang berbeda-beda. Sehingga membuat anak belajar dalam melibatkan gerakan dan juga kosentrasi saat mengenal pada saat waktu bersamaan.

3. Mengembangkan Keterampilan motorik anak

Dengan bermain puzzle, anak kita harus mengambil sesuatu yang membuat garis dan memindahkan barang tanpa harus membuat rusak. Ini akan menambah keterampilan motorik.

Bukan hanya dalam gerakan dasar melainkan puzzle juga akan membantu dalam mengontrol gerakan dan meletakan pada suatu di tempatnya.

Dengan permainan yang dapat melatih keterampilan motorik akan membantu anak berlatih kemampuan, seperti menulis dan juga makan dengan baik.

4. Mengembangkan keterampilan kognitif

Taukah kita?
Bahwa dengan bermain puzzle anak kita dilatih mengenali ukuran, gambar dan bentuk yang berbeda sehingga akan membantu anak anda dalam meletakan potongan puzzle di segala arah dengan harmonis dan bersamaan. Sehingga dengan latihan seperti itu akan membuat anak kita berlatih keterampilan kognitif.

Permainan ini akan membantu dalam dasar-dasar yang dilakukan termasuk dalam alfabet, objek dan hitungan yang menjadi dasar pembelajarannya.

5. Melatih Kesabaran

Dengan bermain puzzle anak akan dituntut untuk menggabungkan potongan puzzle sehingga harus sabar dalam menyusun gambar yang ada di kotak yang sudah disediakan. Anak akan berlatih sabar dalam menjalankan proses hingga menemukan tujuan yang diinginkan.

Baarokallahufykum, itulah beberapa manfaat puzzle yang bisa kita peroleh untuk media tarbiyah anak-anak kita. Dan yang terpenting bagi orang tua adalah menyediakan puzzle yang tidak ada unsur pelanggaran syariat di sana. Karena utama kita adalah tarbiyah islamiyah. Bukan pendidikan berbasik kecerdasan otak semata.

:black_nib:Ditulis lepas dari berbagai sumber oleh:
@RumahBelajar

Channel telegram KHUSUS IKHWAN:
:satellite:https://bit.ly/rumah-belajar

Channel telegram KHUSUS AKHAWAT:
:rose:https://bit.ly/rumahbelajar2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar